Blogroll

Baeti's Blog

Hepatitis A ? Penyakit Apa Sih ?

18.24 |

Pernah dengar penyakit Hepatitis A? Penyakit ini termasuk penyakit yang mengkhawatirkan, lho. Hepatitis A berupa infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A dan menular melalui kotoran (feses) si penderita.
Hepatitis A
Hepatitis A menyerang hati manusia dan menyebabkan infeksi. Ilustrasi: info-gov.hk
Virus Hepatitis juga bisa menular melalui makanan dan minuman yang tercemar. Jadi, penyebaran virus ada hubungannya dengan kebersihan hidup.
Sebenarnya ada juga hepatitis B dan C. Namun, kedua hepatitis ini ditularkan melalui darah. Hepatitis B dan C juga jauh lebih berbahaya karena bisa menyebabkan kanker hati.
Nah, kalau Hepatitis A menyebabkan mata dan kulit berwarna kuning. Tanda-tandanya itu seperti flu biasa, seperti demam, letih lesu, mual dan kadang disertai muntah.
Selain itu, nafsu makan juga akan menurun dan urine (air pipis) berwarna kuning tua. Gejala-gejala ini bisa terjadi selama 2-6 minggu.
Cuci tangan
Cuci tangan sebelum makan supaya si kuman enggak ikut masuk ke tubuh kita. Foto: obatpropolis
Obat yang paling ampuh bila terkena hepatitis A adalah istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan tak lupa pengobatan dari dokter harus diikuti secara teratur.
Lebih baik mencegah daripada mengobati, sama seperti Hepatitis A, lebih baik kita mencegahnya bukan? Mulai saja dengan hal yang paling sederahan, yaitu biasakan cuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun.
Hal itu juga berlaku buat sayuran dan buah-buahan yang akan kita makan agar kuman-kuman tidak ikut masuk ke tubuh.
Nah, jika ada anggota keluarga yang terkena Hepatitis A, sebaiknya hindari penggunaan alat makan dan minum secara bersama-sama. Soalnya, virus Hepatitis itu mudah sekali menular ke orang lain.
Jangan lupa makan, makanan yang bergizi, banyak minum air putih, berolahraga dan lakukan vaksinasi hepatitis. Untuk vaksinasi kamu bisa tanyakan pada orang tua kamu, yah.

0 komentar:

Posting Komentar